Sabang, Pariwisata Bahari Bagai Bintang Disurga

Ngomongin tentang Wisata Bahari di daerah Aceh tanpa menyebutkan Sabang maka tidak sempurna karena meski belum seterkenal Bali atau setenar Raja Ampat, Sabang memiliki semuanya. Dengan birunya air laut yang
memukau bening bak kaca dan Hutan Alami yang masih terjaga maka tidak salah ketika sebagian pengunjung yang pernah hadir di Sabang menyebutnya sebongkah permata dari Surga.
Sabang merupakan sebuah pulau yang berada disebelah banda aceh, sabang adalah ujung barat dari negara republik indonesia, disabanglah terletak kilometer Nol Indonesia yang menandakan bahwa indonesia diukur dimulai dari sini.
Sabang memiliki keindahan alam bawah laut yang sangat terkenal dan juga memiliki potensi dan keindahan
pesona alam yang beragam sehingga ketika saya berkunjung kesini saya menyebutnya bagai bintang disurga.
Bagi Anda yang pernah berkunjung ke Sabang tentu anda akan menceritakan keunikan di Sabang, tidak salah jika sabang adalah primadona kunjungan wisatawan baik luar maupun dalam Negara. Tapi bagi yang belum pernah menjejakan kaki di pulau sabang, maka segerahlah langkahkan kaki ke negeri rencong ini.
Untuk dapat menuju Pulau Sabang, kamu harus datang dahulu ke Banda Aceh, Selah tiba di banda aceh kamu bisa menuju ke pelabuhan Uloe Lheue untuk menyeberang ke pelabuhan Balohan di Sabang. Namun saat ini sudah tersedia cukup banyak transportasi baik dari Laut maupun Udara untuk menuju sabang, begitu juga untuk memutari Pulau sabang tersedia banyak pilihan angkutan yang siap disewa oleh pendatang.
Saya sendiri ketika kesini memilih membawa sepeda motor saya supaya ketika tiba disabang bisa memudahkan saya mengelilingi sabang.
jika kamu memilih transportasi laut kamu bisa menggunakan dua pilihan transportasi untuk menyeberangi lautan, yakni menggunakan kapal cepat atau menggunakan kapal feri. Jika anda membawa kendaraan mau tidak mau anda harus menggunakan kapal lambat (kapal feri) karena hanya kapal ini yang bisa membawa kendaraan.
Ongkos kapal ketika saya kesini kalau saya tidak salah sebesar Rp. 75.000, berdua bersama pacar, ditambah dengan ongkos kendaraan roda dua.
tidak lama anda diatas kapal hanya satu setengah jam, sambil menikmati hamparan laut yang biru, hembusan angin yang kencang seakan anda berada diatas kapal Titanic, tanpa terasa anda telah sampai di pelabuhan Balohan.
ditulisan ini kita akan bicara Bahari tentunya ulasan ini akan berfokus pada keindahan pesisir laut yang mampu memesona mata anda jika berkunjung ke Sabang ini. Keindahan-keindahan Bahari Sabang yang akan saya ulas dibawah ini pasti memukau berupa pantai-pantai nan eksotis. keindahan bahari dibawah ini masih jarang tersentuh oleh manusia. berikut wisata bahari yang bisa anda nikmati di sabang.Anoi Itam

Terletak di Bagian Timur pulau Weh terdapatlah Anoi Itam, Anoi Itam merupakan sebuah Kampong (Desa), pengertian anoi itam sendiri merujuk kepada keadaan pasir laut yang ada di kawasan ini yang banyak didominasi oleh warna itam. Anoi dalam bahasa Aceh berarti Pasir dan Itam dalam bahasa Aceh bermakna Hitam, maka Anoi Itam tidak lain kalau di terjemahan adalah Pasir Hitam.

pantai Anoi Itam Salah satu lokasi pantai yang layak dikunjungi jika anda ke Sabang. selain lokasi yang mudah dijangkau karena letaknya yang strategis tepat berada di pinggir jalan membuat pantai ini ramai dikunjungi wisata lokal dan wisatawan luar terutama pada hari libur.

Keunikan lokasi ini selain bisa berenang dilaut pantai yang berpasir hitam juga terdapat beberapa villa yang layak dikunjungi dan terdapat sebuah bukit yang diatasnya ada Benteng Jepang, selain itu, bila berkunjung ke pantai ini jangan lupa mencicipi Rujak Anoi Itam yang sudah terkenal, Rujaknya yang cukup menggugah selera. Rujak Aceh dengan taburan kacang goreng diatasnya cukup membuat selera makan jadi berlipat-lipat.

Nah bagi yang baru berkunjung, lokasi pantai ini bisa diakses baik dari kota dengan menyusuri jalan dari Ie Meulee atau langsung dari Pelabuhan Balohan melewati jalan kelok yang berada disisi kanan pelabuhan.

Pesona Pasir Hitam (Anoi Itam)
Rujak Anoi Itam yang melegenda
Keindahan Anoi Itam dari Puncak Benteng Jepang Anoi Itam

Iboh : Teupin Layeu

pantai Iboih yang keindahannya sangat fenomenal, pantai Iboih ini merupakan pantai yang paling indah yang ada di Aceh. Pantai Teupin Layeu atau bagi sebahagian besar terutama wisatawan menyebutnya Pantai Iboih.

Pantai iboih merupakan pantai yang paling banyak di kunjungi wisatawan jika ke sabang, baik wisata domestik maupun manca negara Dari pantai ini kita bisa memandang diseberang pulau kecil bernama Pulau Rubiah.

Keindahan pantai ini berupa pasir pantainya yang putih dan halus serta lautnya yang bening bak kaca, pantai Iboih berwarna hijau Toska atau biru cerah, yang akan membuat anda ingin berlama-lama di pantai ini.

Pantai yang sangat indah bak Surga ini sangat cocok untuk dikunjungi oleh pasangan pengantin baru untuk
berbulan madu. Suasana yang tenang dan asri membuat hati kita menjadi tentram. Dunia akan serasa milik kita
berdua.

Pantai Iboih menjadi tujuan utama para wisatawan karena disini tersedia banyak pilihan Aktivitas snorkeling dan diving bisa anda lakukan disini, bahkan tanpa diving pun anda sudah bisa menikmati keindahan bawah laut pantai ini, karena memang airnya yang sangat bening. Bagi yang tidak bisa berenang namun ingin melihat ikan dan terumbu karang, tersedia perahu kaca yang akan mengantarkan anda berkeliling sambil melihat-lihat keindahan ikan dan laut disekitar pulau rubiah. Tersedia Mushala, MCK, Toko, Kios, Warung serta beragam Hotel dan Bungalow tersedia disini.

Untuk mencapai tempat wisata ini cukup mudah karena Pantai Iboih berada di jalan menuju KM Nol Indonesia. Bagi yang belum pernah atau baru datang pertama kali kesini jangan sungkan untuk bertanya, karena masyarakat sabang sangat ramah-ramah.

 

Suasana Salah Satu Pantai di Iboih dengan Latar Pulau Rubiah
Tapak Gajah – Ie Meulee
Sebuah lokasi wisata yang ada di pulau sabang, Pantai yang satu ini memang belum banyak yang tahu, letaknya yang bisa dibilang dekat dengan kota sabang. Bisa diakses dari Simpang SMA 1 Sabang Ie Meulee ke arah Tapak Gajah. Lokasi persisnya berada di belakang Meunasah Jurong Keuramat Ie Meulee. Tidak jauh dari Pantai ini ada sebuah Penginapan, Lokasi yang cocok buat mandi bagi anak-anak karena tidak langsung diterpa ombak laut. Disamping lokasi pantai, terdapat sebuah Benteng Peninggalan Jepang yang telah dipugar.
Benteng Jepang di Pantai Tapak Gajah

Pantai Kasih

Lokasi Pantai Kasih ini sangat mudah dijangkau, jalan kaki saja bisa ke pantai kasih ini karena masih berada di seputaran kota. Bila Anda berkunjung ke Sabang dan menginap diseputaran Kota Atas anda hanya butuh berjalan sedikit saja sudah sampai di pantai kasih ini, pantai ini juga tidak kalah dengan pantai iboih, dengan pemandangan laut lepas dengan pulau rondo ditambah dengan hamparan pasir putih membuat mata anda rileks.

Sumur Tiga – Ie Meulee
Sumur Tiga kini menjadi favorit baru bagi wisatawan, wajar saja karena Lokasinya yang mudah dijangkau dari pusat kota ditambah adanya bermacam hotel dan bungalow. Sumur Tiga sangat cocok untuk keluarga Pantai dengan air laut yang bening serta hamparan pasir putih membuat anak-anak betah bermain.
Dijamin anda akan betah berada di pulau wisata sabang,  Tentunya keindahan dan Keunikan Sabang bukan hanya sekedar yang diatas namun masih ada sebukit keindahan yang tersimpan disabang, sia-sia uang banyak jika kita tak menjejakan kaki kita di pulau surga ini.
sekarang pertanyaannya Bagaimana Cerita anda di pulau ini? Menarikah…

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*